jump to navigation

Indonesia itu KAYA lho… June 1, 2009

Posted by Aulia Prima Kharismaputra in Uncategorized.
trackback

Banyak disana-sini kita dengar bahwa negara kita tercinta ini adalah Negara miskin. Saya kurang setuju dengan pendapat tersebut. Menurut saya Indonesia itu kaya tetapi “dipaksa” miskin. Itulah kata yang menurut saya yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi sesungguhnya Indonesia. Kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang diberikan oleh Allah yang samgat luar biasa banyknya, mulai dari pertanian, perkebunan, hutan, kekayaan laut, belum lagi kekayaan hasil tambangnya yang sangat luar biasa banyaknya.
Kebanyakan masyarakat Indonesia dipaksa tutup mata dan telinga ( bs. Jawa : mbudheg & micek) atas betapa kayanya bangsa kita ini. Dilihat dari kekayaan hasil tambangnya saja, Indonesia mempunyai kekayaan alam berupa emas, minyak bumi, gas alam, batu bara dll. Tetapi itu semua tidak bisa dinikmati semuanya oleh rakyat Indonesia, bahkan sebagian besar hasil kekayaan tambang kita dikuasai oleh orang asing. Konon dari artikel yang pernah saya baca dari hasil kekayaan tambang kita yang dikuasai oleh asing, per tahunnya saja bisa menghasilkan Rp. 2.000 Triliun, sebuah angka yang fantastis yang besarnya 2 X lipat dari APBN Indonesia tahun 2009, yang mana bisa menunjukkan bahwa Negara kita termasuk Negara yang kaya. Tetapi Rp. 2000 Triliun tersebut bukannya masuk ke kas Negara tetapi malah masuk ke kantong orang asing. Sesuatu yang benar-benar sangat menyedihkan jika kita melihat kondisi rakyat Indonesia yang separo dari total penduduknya berada di bawah garis kemiskinan. Seandainya saja uang sebesar Rp. 2000 Triliun itu bisa masuk ke kas Negara, maka hutang Indonesia yang besarnya Rp. 1600 triliun (tahun 2008) dapat dilunasi kurang dari satu tahun.
Itu baru dari satu sector, yaitu pertambangan Belum lagi dari sector lain yang juga bisa mendatangkan uang kepada Negara dan bisa dimanfaatkan untuk kemakmuarn rakyat Indonesia. Kita masih mempunyai kekayaan laut yang mat sangat Luar Biasa kayanya, tetapi faktanya banyak para nelayan yang masih berada dibawah garis kemiskinan. Padahal sebenarnya logikanya, para nelayan dapat menjadi orang kaya dikarenakan kekayaan laut Indonesia dimana 2/3 luas wilayah Indonesia terdiri dari Lautan. Bahkan saya pernah mendengar cerita dari seseorang, ceritanya begini: Suatu hari ada seorang warga negara Indonesia bertemu dengan warga Negara Timur Tengah, mereka berdua berbincang-bincang sampai suatu ketika orang dari timur tengah itu bertanya kepada orang Indonesia. “Kamu berasal dari mana?”. Tanya orang timur tengah. “saya dari Indonesia” jawab orang Indonesia. Kemudian orang Timur tengah tadi bertanya kepada Orang Indonesia “Ouw, dari Indonesia ya, berarti setiap hari selalu makan ikan, cumi-cumi, kepiting dan hasil laut lainnya ya?”. Kemudian sambil malu-malu menjawab, orang Indonesia tadi berkata : “tidak, saya malah tidak pernah makan hasil laut”.
Dari cerita yang saya ungkapkan diatas (walaupun belum tentu benar ceritanya), tetapi bisa kita ambil pelajaran bahwa dimata warga Negara lain, kita termasuk orang kaya yang setiap hari selalu makan ikan laut dan hasil laut lainnya karena Cuma tinggal mengambil di laut. Tetapi kenyataannya malah sebaliknya, kebanyakan rakyat Indonesia yang 2/3 luas wilayahnya terdiri dari lautan, malah jarang setiap hari mengkonsumsi ikan laut yang dapat memenuhi kebutuhan protein hewaninya, Bahkan ada rakyat Indonesia yang hanya makan ikan laut sebulan sekali. Hal yang mana sangat-sangat-sangat Ironis sekali terjadi di Negara kita tercinta INDONESIA. Tetapi itulah faktanya, Negara kita yang kaya akan hasil lautnya, rakyatnya malah jaraaaaang sekali makan dengan ikan laut, karena alasannya kebanyakan dari mereka tidak mampu membeli hasil laut dikarenakn harganya yang mahal.
Ini adalah sedikit uneg-uneg yang semoga bisa menyadarkan kita bahwa TERNYATA INDONESIA KAYA. Dan yang harus menjadi kewajiban kita dalah mencari sebab mengapa Indonesia menjadi Negara “KAYA tetapi MISKIN”.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: